2.711 Ekor Burung Diamankan, Widodo: tersangka masih dalam pemeriksaan

Bagikan

aksarakata.com: Polisi Kehutanan Balai Besar KSDA Jawa Timur berhasil amankan 2.711 ekor burung berkicau dari atas Kapal Motor (KM) Mahkota saat sandar di Pelabuhan Jamrud, Tanjung Perak Surabaya Rabu, 3 Desember 2015.

Menurut Wiwid Widodo, Kepala Wilayah III Surabaya BBKSDA Jawa Timur, bahwa sebelum dilakukan pengangkapan kapal yang membawa 2.711 ekor itu sempat bersandar di dermaga pelabuhan Gresik selama dua jam. Lantaran beberapa kendala yang sempat menghambat jalannya patroli.

“Bahkan, barang bukti malam itu sempat dipindagkan ke salah satu truk. Dan salah satu truk tersebut terdapat keganjalan. Akhirnya kami, meminta sopir untuk menunjukan dokumen,” kata Widodo pada wartawan Jumat, 4 Desember 2015.

Petugas pun berhasil menangkap Nurzaity salah seorang yang menjadi suruhan H Ma’ruf sebagai pemodal, “Dari keterangan tersangka, bahwa apa yang dilakukannya baru dua kali,” sambung Widodo.

Terlebih, saat petugas meminta documen terkait keterangan sehat satwa, Nurzaity tidak bisa menunjukan surat-surat selembarpun. Akibat temuan tersebut dengan petugas pun mengamankan barang bukti atau burung yang ditaruh dalam box plastik putih dan beberapa box kardus.

Seperti diberitakan bahwa burung-burung tersebut diduga hasil dari penangkapan di hutan Balikpapan, Kalimantan Timur. “Kalau menurut keterangan tersangka Nurzaity, burung-burung tersebut akan dipasokan ke pasar Pramuka Jakarta,” tegas Widodo.

Akibat perbuatannya, tersangkah dijerat UU No. 41 tahun 1999 pasal 44 dengan hukuman minimal empat tahun penjara, dan PP No. 8 tahun 1999. “Barang bukti juga kami rampas untuk dirawat, kemudian kita kembalikan ke habitatnya,” pungkas Widodo. bambang

Tinggalkan Balasan