Bagikan

AksaraKata.com: Peringatan haul KH Abdul Wahab Hasbullah yang ke-43 tahun ini diperkirakan akan lebih semarak dibandingkan tahun sebelumnya. Sejumlah kegiatan disiapkan dalam rangkaian acara tersebut.

Hal ini terlihat dari keseriusan panitia yang melangsungkan rapat persiapan haul di dalem kasepuhan Pondok Pesantren Bahrul Ulum (PPBU) Tambakberas Jombang Jawa Timur beberapa waktu lalu. Koordinasi ini melibatkan seluruh panitia yang ditunjuk sebagai koordinator, baik sebelum, saat dan usai kegiatan haul.

Kegiatan yang akan mengiringi peringatan haul antara lain pameran foto dan sejumlah dokumen seputar kiprah KH Abdul Wahab Hasbullah atau Mbah Wahab.

“Kegiatan ini akan berlangsung sejak tanggal 1 hingga 6 September,” kata juru bicara panitia, H Mujtahidur Ridho, Kamis (7/8/2014).

Mantan Ketua Umum IPNU ini menandaskan, untuk keperluan pameran, pihaknya sudah menghubungi Perpustakaan PBNU di Jakarta dan Museum NU di Surabaya.

“Alhamdulillah, sejumlah dokumen yang selama ini belum diketahui khalayak akan diperlihatkan kala pameran,” katanya.

Ribuan foto dan hasil liputan beberapa media maupun manuskrip yang memperbincangkan kiprah Mbah Wahab akan dipamerkan.

Kegiatan haul juga akan diisi dengan penampilan hadrah dari kelompok Ikatan Seni Hadrah Republik Indonesia atau Ishari.

“Karena seperti diketahui, antara Mbah Wahab dan Ishari ibarat dua sisi mata uang yang tidak dipisahkan,” ungkap Ridho.

Penampilan seni hadrah tradisional ini akan berlangsung pada hari Jum’at malam dan melibatkan perwakilan Ishari se Jawa Timur. Sebelumnya yakni tanggal 4 September akan diberikan santunan kepada sejumlah anak yatim dan kaum dhuafa.

Yang cukup istimewa dan berbeda dengan haul Mbah Wahab sebelumnya adalah akan dilangsungkannya wisuda dari Universitas KH Abdul Wahab Hasbullah atau Unwaha. Sebelumnya kampus ini bernama Sekolah Tinggi Agama Islam Bahrul Ulum atau STAIBU. Sehingga, wisuda kali ini merupakan yang pertama semenjak perubahan status tersebut.

“Bahkan bila tidak ada halangan, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Mohammad Nuh berkenan hadir dan memberikan orasi ilmiah,” kata Gus Edo, sapaan akrabnya.

Puncak dari kegiatan haul adalah pengajian umum yang akan dihadiri Pejabat Rais Aam PBNU KH Musthofa Bisri. Secara khusus, pihak keluarga datang langsung ke kediaman beliau di Rembang untuk menemui dan mengundang Gus Mus.

“Dan insyaallah beliau berkenan hadir,” tandas Gus Edo.

KH Abdul Wahab Hasbullah Award
Pada saat acara puncak ini juga akan diserahkan KH Abdul Wahab Chasbullah Award, sebuah apresiasi dari dzurriyah (keluarga) Mbah Wahab terhadap sejumlah orang yang memiliki kepedulian terhadap tiga hal.

“Pertama adalah mereka yang memiliki kepedulian dan berperan besar dalam bidang pendidikan,” katanya. Selanjutnya adalah mereka yang memiliki semangat dalam menggerakkan ekonomi warga, serta kalangan yang mempunyai perhatian dan menjadi ujung tombak bagi jam’iyah Nahdlatul Ulama di komunitasnya.

“Untuk tahun ini, KH Abdul Wahab Hasbullah Award baru akan memberikan penghargaan kepada tiga kategori tersebut, sebagai bagian dari apresiasi keluarga atas kiprah orang-orang hebat di lingkungan masing-masing,” terangnya. Diharapkan, tradisi memberikan penghargaan akan selalu dilakukan setiap tahun.

Untuk bisa mencari orang terbaik dengan kiprah yang membanggakan ini, panitia telah melakukan komunikasi kepada sejumlah kalangan.

“Akhirnya diputuskan ada tiga unsur yang akan menjadi juri bagi penghargaan ini yakni dari unsur keluarga atau dzurriyyah Mbah Wahab, PWNU Jawa Timur serta kalangan media massa,” ungkapnya.

Pada saat yang sama, Gus Edo sangat berharap peran serta masyarakat untuk bisa mengusulkan para pegiat pendidikan, ekonomi dan jam’iyah NU kepada panitia. Selanjutnya usulan dari masyarakat ini akan kami verifikasi dengan tim juri yang juga dilanjutkan dengan melakukan pengecekan langsung atas kiprah tersebut.

“Karena itu peran atau usulan dari warga sangat ditunggu demi terpilih para nominator yang diharapkan,” pungkas Gus Edo.nu/syai/mah/Randi

PPBU Tambakberas Jombang, Peringati Haul KH Abdul Wahab Hasbullah Ke-43 Tahun
Ditag pada:43    Abdul    Hasbullah    Haul    Jombang    KH    PPBU    Tahun    Tambakberas    Wahab

Tinggalkan Balasan

SEO Powered by Platinum SEO from Techblissonline