Mazda3 Diesel Electric Hybrid Hadir di Tahun 2016

Bagikan

AksaraKata.com: Mazda bisa menjadi manufaktur Jepang pertama pemasar mobil hybrid listrik-diesel di Asia dan Eropa. Seperti yang dilaporkan oleh The Yomiuri Shimbun, Mazda, perusahaan bermarkas di Hiroshima ini, akan mulai menjual mobil hybrid tersebut pada awal tahun 2016.

Mesin diesel yang dipakai sepertinya akan memakai teknologi SkyActiv, serta diimbuhi motor listrik kecil sebagai pendukung. Tidak ada informasi detail mengenai model perdananya, namun diprediksi Mazda3 atau Mazda Axela. Masih menurut sumber mereka, Mazda berupaya menciptakan mobil hybrid bermesin diesel yang mampu berjalan 40 km/liter -30% lebih jauh dari mobil bermesin diesel biasa.

Pertanyaan sekarang adalah, mengapa Mazda mengembangkan mesin diesel hybrid? Ini ada kaitannya dengan besarnya penyerapan mobil-mobil bermesin diesel di Eropa, yakni mencapai 50% dari total penjualan mobil baru. Di Jepang, tahun lalu sejumlah 76 ribu unit mobil diesel terjual, atau meningkat 1,9 kali dari angka penjualan tahun 2012.

Saat ini Mazda3 hybrid bensin telah tersedia di Jepang, dan memiliki mesin 2,0 liter berteknologi SkyActiv. Mesin ini disandingkan dengan motor listrik serta transmisi CVT. Konsumsi bahan bakarnya mencapai 3.2 liter / 100 km.ocin/randi

bambang Penulis

Tinggalkan Balasan