Bagikan

aksarakata.com: Camat Kwanyar, Bangkalan, Madura Jawa Timur, Anang Yulianto AP yang perduli dengan masyarakat Kwanyar selalu membuka cakrawala baru bagi penduduknya. Dalam waktu dekat Anang akan memberdayakan ketrampilan yang sudah melekat pada warganya yakni, pelatihan batik.

Terkait pelatihan batik tersebut bertujuan membangun ekonomi kerakyatan yang diambilkan dari dana desa. “Selama ini kebanyakan dana desa hanya dirupakan dalam bentuk fisik. Memang tidak ada salahnya. Namun, dana desa yang disini (Kwanyar) digunakan untuk kesehatan dan membangun sektor ekonomi dari pengrajin batik, khususnya,” ujar Anang.

Lebih lanjut, Anang menyampaikan bahwa dana yang digunakan adalah desa. Tidak tanggung-tanggung Camat asal Tuban ini akan mendatangkan pelatih yang kredibiltasnya tidak diragukan lagi. Pelatih tersebut memiliki segudang pengalaman. Dia (pelatih) juga pernah ke negara paman Sam (Amerika Serikat), Jepang dan Australia.

Karena dana desa memang harus dikelolah dengan baik dan benar, Camat berpawakan kurus ini ingin menggerakkan pembangunan desa dan pemberdayaan masyarakatnya melalui produksi batik. Sehingga desa berkembang maju, masyarakatnya lebih sejahtera ekonomi.

Dalam anjurannya agar kepala desa di Kwanyar mencermati dan memahami secara tepat prioritas penggunaan dana desa sebagaimana telah diatur dalam Permendesa Nomor 5 Tahun 2015 tentang Penetapan Prioritas Penggunaan Dana Desa.

“Program yang menjadi prioritas akan datang adalah, bagaimana produksi batik masyarakat Kwanyar mampu bersaing dengan batik-batik yang ada di jawa,” lanjut Anang di ruang kerjanya, Jumat (22/10/2015).

Terkait pelaksanaan pelatihan, orang nomor satu Kwanyar ini belum memberikan kepastian. Dia hanya memberikan sinyal bahwa agenda akan dilaksanakan dalam bulan Desember 2015. “Kalau tanggal belum ditentukan. Namun, menurut rencana agenda akan dilaksanakan pada akhir bulan Desember,” pungkas Anang. bam/nam

Manfaatkan Dana Desa, Camat Kwanyar Berdayakan Masyarakat Melalui Karya Batik
Ditag pada:anang yuliayanto    Bangkalan    Batik    camat kwanyar    Madura

Tinggalkan Balasan

SEO Powered by Platinum SEO from Techblissonline