Begini Atasi Anis Merah Cabut Bulu Lama & Stres

Bagikan
  •   
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

aksarakata: Kendala mendasar bagi pengobi burung, saat sang jagoan mengalami cabut bulu (mabung). Terlebih pas kondisi mabung lama, hal tersebut tidak terlepas dari rawatan harian. Lantas bagaimana mengatasinya agar mabung GPL (Gak Pakai Lama)? Berikut artikelnya.

Anis merah mabung lama sering terjadi di kalangan pecinta burung dengan ciri khas gaya mabuk ini. Dalam hal seperti ini dikarenakan dua factor. Pertama fakctor kondisi tubuh si jawara (burung). Kedua factor dari bagaimana kita perawatan.

Burung berbulu oranye adalah jenis burung fighter yang memiliki siaft alamiah yakni masa pergantian bulu (mabung).

Untuk awal cabut bulu pertama biasanya terjadi pada usia 3 sampai 5 bulan. Dan masa cabut bulu tersebut membuat berubah karakter si burung menjadi lebih sensitive.

Pasalnya proses cabut bulu yang lama berganti dengan bulu baru, dengan kondisi lebih sehat dan lebih kuat.

Karakter anis merah sendiri saat masa cabut bulu dia cenderung terlihat loyo atau malas. Dan dia juga terlihat didis untuk merontokkan bulu yang memang tidak sehat lagi.

Yang menjadi problema adalah, cabut bulu yang kunjung usai (lama). Hal ini menandakan bahwa si penghobi harus benar benar focus terhadap jawara yang sedang kondisi cabut bulu (perhatian lebih). Hal ini berlaku juga bagi penghobi pemula dikutip dari info hewan.

Penyebab Anis Merah Mabung Lama :
1. Pernah memandikan anis merah saat mabung.
2. Menjemur anis merah saat mabung.
3. Kurang dilakukan full krodong saat mabung.
4. Pemberian EF protein yang berlebihan atau terlalu kurang.
5. Pemberian vitamin yang kurang.
6. Pemberian multimineral yang kurang.
7. Kandang atau sangkar yang kotor.
8. Tingkat stres yang terlalu tinggi.
9. Kurus atau kurang makan.
10. Sedang sakit atau badan yang kurang fit.
11. Masalah hormone atau kulit pada anis merah.

Jika sudah diketahui penyebab anis merah cabut bulu lama atau susah mabung. maka anda perlu paham cara merawatnya atau mengatasinya. Berikut cara perawatan untuk mengatasinya

1. Memberikan Multimineral
Saat masa mabung, zat mineral sangat diperlukan untuk anis merah karena di fase ini, mabung akan memakan banyak nutrisi seperti zat besi pada umumnya. Untuk itu, rutinlah memberikan multimineral seperti Bird Mineral. Pemberiannya tak boleh bolong-bolong. Pada saat mabung, berikan sebanyak 3 – 4 kali dalam seminggu untuk mengatasi lambatnya mabung.

2. Pemberian Multivitamin
Sama dengan multimineral, vitamin juga sangat penting untuk membantu mengatasi mabung yang terlalu lama. Nutrisi yang diperlukan saat mabung itu banyak sekali, khususnya untuk protein. Karena itulah saat anis merah sedang mabung, lebih baik berikan makanan yang cukup banyak khususnya makanan dengan penuh vitamin dan protein seperti buah serta EF jangkrik, ulat hongkong, dan lainnya.

3. Tidak Perlu Dimandikan
Mandi tidak diperlukan dalam masa mabung karena bisa membuat mabungnya menjadi rusak. Selain itu, mandi juga tidak cocok dengan keadaan kulit yang sedang mabung. Saat anis sedang mabung, tidak usah dimandikan, bahkan kena air pun tak diperbolehkan. Hawa panas tubuh saat mabung akan terpancar jelas, karena itulah jika kena air yang sifatnya sejuk tentu tak baik.

4. Tidak Usah Dijemur
Sama halnya dengan mandi, lebih baik tidak usah dijemur karena bisa meningkatkan birahi. Birahi yang terlalu tinggi tidak baik untuk anis merah yang sedang mabung dan bisa membuat mabungnya tak selesai. Namun ada juga yang nekat untuk menjemur anis merahnya karena ingin merontokkan kutunya. Meski begitu, durasi penjemuran hanya 15 menit saja. Semua itu tergantung seperti apa karakter anis merah Anda.

5. Full Krodong
Saat anis merah sedang mabung, lebih baik lakukan full krodong. Full krodong membantu untuk mengalihkan fokus anis merah ke proses merontokkan bulu sehingga mabungnya pun lebih cepat. Namun sebaiknya jangan dilakukan full krodong terlalu sering karena bisa membuat anis merah menjadi stres. Masa mabung menjadi masa yang sensitive, jadi anis merah bisa jadi sangat mudah stres.

6. Pemberian Protein yang Baik
Saat masa mabung, pemberian protein sangatlah penting karena sebagian besar masa mabung memerlukan protein yang sangat banyak. Karena itulah kurangnya pemberian protein pada kroto, ulat hongkong, dan jangkrik bisa menyebabkan anis merah lambat mabung. Untuk mengatasinya, Anda boleh meningkatkan sedikit porsi EF dan kroto agar memenuhi asupan protein dalam tubuh anis merah. Namun tetap perhatikan takaran dan sesuikan dengan karakter anis merah agar tak over birahi.

7. Membersihkan Sangkar Dengan Rutin
Jika sangkar kotor, kemungkinan besar akan membuat anis merah Anda macet mabung. Hal ini karena anis merah Anda tak merasa nyaman dengan keadaan sangkar Anda. Selain itu, sangkar yang bersih juga menjauhkan anis merah dari para penyakit akibat bakteri yang berkembang biak melalui kotoran yang menumpuk. Waktu pembersihan sangkar yang baik adalah pagi atau sore hari di cuaca sejuk. Pembersihan sangkar minimal 2 – 3 kali dalam seminggu. Namun saat mabung, lebih baik bersihkan setiap hari minimal 1 kali sehari.

8. Lokasi Penempatan Sangkar yang Baik
Untuk membantu mempercepat masa mabungnya, tempatkan sangkar anis kembang di tempat yang sejuk, jangan terlalu lembab tapi jangan juga di tempat kering atau panas. Perhatikan juga sekeliling, jangan tempatkan anis merah yang sedang mabung di tempat ramai manusia karena bisa mengganggu konsentrasinya untuk mabung. Perhatikan juga keamananan sekeliling sangkar. Jangan biarkan hewan pengganggu seperti kucing, anjing, tikus, dan lainnya mengganggu mabung anis merah Anda.

9. Konsisten dan Sabar
Kadang masa mabung memerlukan waktu yang lama jika terjadi kemacetan. Waktu normalnya sekitar 3 – 4 minggu saja. Namun jika macet, bisa memakan waktu berbulan-bulan dan hal itu bukanlah hal normal. Karena itulah untuk bisa menuntaskan mabung anis merah, Anda harus sabar dan konsisten dalam perawatan. Jangan sampai jadwal yang Anda sudah tetapkan dilanggar sendiri.

10. Pelatihan Mental Agar Tidak Stres
Sebagai cara pencegahan agar tak mengalami masa mabung panjang di lain waktu, latih anis merah Anda untuk memiliki mental agar tidak selalu stres karena stres berlebihan akan membuat anis merah Anda mabung dalam waktu yang cukup lama. Tentu saja pemberian EF dan makanan lainnya seperti voer harus Anda latih dan sesuaikan dengan karakter anis merah Anda.bambang

Tinggalkan Balasan