Burung Biru yang Romantis Miliki Nilai Jual 500 Juta

Bagikan
  •   
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

aksarakata.com: Tergerusnya habitat hutan menjadi ancaman tersendiri bagi hewan-hewan yang berlindung di bawa kerindangannya. Salah satunya burung Makaw Hyacinth. Burung asal Negeri Samba, Brazil ini dinyatakan punah 2018 oleh Dr Stuart Butchart, Kepala Ilmuwan BirdLife.

Berbagai sumber menyatakan. Burung Biru ini dikenal cerdas memilki bagian tubuh, paruh besar, mampuh memecah kacang-kacangan atau biji-bijian.

Sementara itu lidahnya kuat, kering dan permukaannya kasar menjadi sebuah alat untuk mengorek buah-buahan yang memiliki kulit keras.

Selain itu cengkraman jari-jari kaki burung biru ini cukup berotot untuk berpegangan di dahan pohon serta berfungsi untuk mengambil buah, memegang serta memeriksa makanan.


Film Si Biru

Bulu ekornya yang panjang makin menambah pesonanya untuk dimiliki. Pasalnya Macaw terbesar adalah macaw hyacinth panjangnya mencapai 1 meter (dari ujung paruh sampai ujung ekor).

Macaw Hyacinth juga salah satu hewan omnivora. Ia pemakan tumbuhan dan hewan. Bahkan beberapa spesies juga makan tanah lembab, yang dapat membantu untuk menetralkan bahan kimia dalam buah-buahan yang dimakannya.

Hewan yang mudah dijinakan ini ternyata memiliki inteligensi yang tinggi, ia mudah diajari melakukan aktivitas tertentu. Maka tak heran jika burung biru mendapat julukan hewan panggung di kebun binatang maupun dalam sirkus. bahkan Ia juga bisa menirukan suara manusia.

Burung macaw juga dikenal sebagai burung berkolonial atau berkelompok dengan jumlah 10 hingga 30 ekor. Kawanan macaw sendiri tidur di pohon pada malam hari, dan di pagi hari mereka dapat terbang jauh untuk mencari makan.

Sifat romantis burung biri ini jika menemukan pasangannya berlangsung seumur hidup. Mereka berpasangan tidak hanya untuk tujuan berkembang biak, tetapi juga saling berbagi makanan dengan pasangan dan menikmati kehidupan bersama.

Pada musim kawin, macaw betina menetaskan telur sementara macaw jantan mencari makanan dan membawanya ke sarangnya. Di habitatnya, burung macaw dapat hidup sampai usia 60 tahun.

Karena spesies burung biru yang dinyatakan punah di Brazil, maka spesies burung ini hanya ada di pusat pengembangbiakkan.

Berangkat dari keprihatinan burung biru inipun difilmkan dengan Judul Rio dan Jewel. Karena kelangkaannya, burung biru ini dibandrol 450 – 500 juta. ***

Tinggalkan Balasan