Cara Lebih Dekat dengan Kacer Kesayangan Menuju Tangga Jawara

Bagikan
  •   
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

aksarakata.com: Burung kacer merupakan salah satu jenis burung yang paling banyak di minati para kicau mania Indonesia. Bahkan hampir seluruh kicau mania memelihara burung kacer di rumahnya, karena pandai sekali dalam berkicau.

Namun tidak semua burung dapat berkicau dengan gacor, apalagi burung kacer yang masih bahan/bakalan. Maka di artikel kali ini akan membahas tentang cara menjinakan kacer yang masih bahan/bakalan, karena burung kacer yang suka berkicau biasanya sudah jinak.

Tapi kalau burung masih giras atau kerabakan jika didekati, maka sudah dapat di pastikan bahwa burung tersebut masih liar.

Biasanya burung kacer liar atau belum jinak, hanya berkicau di tempat-tempat yang sepi karena kebiasaannya hidup di tengah hutan dan jauh dari permukiman manusia. Lalu bagaimana cara merawat kacer biar jinak dan gacor?

Sebenarnya hal ini masih menjadi pertanyaan para pemburu kacer di hutan, ketika mereka membawa burung-burung itu pulang ke rumah tidak mau berkicau dengan suara yang merdu lagi. Maka yang harus kalian lakukan adalah membuat burung kacer biar cepat jinak.

Namun tetap saja ada orang salah mengartikan jinak dalam bahasa kicau mania, burung jinak adalah burung yang tidak takut dengan manusia atau tidak takut jika di dekati manusia.

Cara Menjinakan Burung Kacer
Sebenarnya sudah banyak yang membahas tentang hal ini di beberapa grup kicau mania di Facebook. Seperti yang sudah kalian ketahui banyak sekali pencinta burung di negara kita, bahkan mereka rela mengeluarkan uang puluhan juta hanya untuk seekor burung kicau.

Nah tujuan kami disini yaitu ikut serta memberikan tips-tips burung untuk para kicau mania di Indonesia. Baiklah untuk mempersingkat pertemuan kita hari ini, silahkan baca tips cara menjinakkan burung kacer dalam waktu singkat berikut ini.

a. Kerodong Burung Kacer
Kerodonglah sangkar burung dengan kain selama satu hari penuh, pastikan tempat atau ruangan dalam keadaan tenang dan sepi.

b. Penempatan Sangkar Burung
Hari selanjutnya, letakkan sangkar burung di kawasan yang sering di lalui manusia. Ini semua bertujuan agar burung bisa beradaptasi dan tidak takut lagi dengan manusia.

Dalam proses ini kalian juga harus melepas wadah pakan dan minumnya serta meletakkan sangkar burung di tempat yang aman, maksudnya aman dari hewan pemangga seperti kucing, ular, semut dan tikus.

c. Mandikan Burung Kacer
Mandikanlah burung dengan cara di semprot menggunakan sprayer, pastikan burung dalam keadaan basah kuyup. Meskipun terlihat sadis, namun proses ini juga termasuk salah satu menjadikan burung cepat jinak.

Cara memandikan burung kacer biar cepat jinak lainnya yaitu memandikannya dengan air perasan pare. Tapi jangan sampai air tersebut masuk ke dalam mulut burung, maka kalian harus memeganginya dengan erar, lalu di semprot menggunakan sprayer.

d. Berikan Pakan Berupa EF (Extra Fooding)
Biasanya setelah bulu-bulunya mengering, burung kacer akan merasa lapar. Nah disinilah waktu kita untuk membuat burung kacer menjadi jinak dengan cara memberikan pakan EF berupa jangkrik menggunakan tangan.

Jika burung masih takut, cobalah memberinya dengan lidi. Lakukan hal ini setiap pagi dan sore hari sampai burung mau di berikan jangkik menggunakan tangan.

Yang lebih bagus lagi, setiap pagi burung di berikan pakan EF berupa jangkik dan kroto sebanyak satu sendok teh, kemudian menjemurnya di bawah terik matahari yang masih hangat.

e. Memberi Air Liur
Cara menjinakan burung kacer yang selanjutnya adalah memberikan air liur kalian sendiri dengan cara gerakan seperti meloloh supaya burung lebih cepat mengenalimu.

Cara ini juga sering di lakukan untuk menjinakkan burung merpati. Sebelum memberikan air liur pada burung, sebaiknya kalian mengkonsumsi makanan dan minuman yang sehat, bukan mengandung alkohol.

Itulah tips dari kami tentang cara menjinakkan burung kacer dalam waktu singkat. Apabila ada salah dalam penulisan kata atau ada kata-kata yang tidak benar, silahkan tinggalkan komentar pada kolom yang sudah kami sediakan agar segera di perbaiki dan semoga bermanfaat.***

Tinggalkan Balasan