Home » Opini

Opini

Tandanya Kalau Kamu Jatuh Cinta

AksaraKata.com : Sst, katanya kalau kamu lagi jatuh cinta itu ada tanda-tandanya dan kamu tidak bohong soal tanda itu. Mau tahu tanda-tanda kalau kamu itu lagi jatuh cinta ? Katanya sih, tidak mudah bagi seseorang menyadari atau mengakui tengah jatuh cinta. Kalau kamu lagi jatuh cinta, berikut tanda-tandanya : Pertama, dirimu tidak tertarik pada pria Lainnya. Jika dirimu tidak lagi merasakan ... Read More »

PSHK: Presiden Jangan Ragu Ajukan Nama Kapolri Baru

Oleh: Miko Ginting AksaraKata.com Terkait pencalonan nama-nama Kapolri yang baru, Presiden Joko Widodo (Jokowi)tidak perlu ragu untuk mengajukan kepada Dewan Perwakilan Rakyat (DPR). Presiden juga harus berdiri di barisan depan dalam menghentikan upaya kriminalisasi terhadap KPK. Sesungguhnya tidak ada hambatan hukum bagi Presiden untuk membatalkan pelantikan tersangka Komjen (Pol) Budi Gunawan dan mengajukan calon baru kepada DPR. Persetujuan yang telah ... Read More »

Vampir Orba dan Matinya Demokrasi ada Ditangan Kita

Oleh: Edward Aspinall dan Marcus Mietzner AKsaraKata.com: Prabowo sudah memberikan indikasi yang sangat jelas bawa ia ingin mengembalikan format politik Indonesia ke sistem otoriter – antara lain, dengan menghapus pemilihan langsung. Seiring dengan kampanye pemilihan presiden di Indonesia yang memasuki tahap akhir, agenda otoritarian Calon Presiden Prabowo semakin eksplisit. Pada pidatonya Sabtu lalu (28/6/2014) di Taman Ismail Marzuki Jakarta, Prabowo menyatakan ... Read More »

Mafia Hukum dan Peradilan Jalanan

Oleh: PROF. DR. ROMLI ATMASASMITA, SH, LLM, Guru Besar Universitas Padjadjaran Kondisi negara hukum di Indonesia saat ini selain diisi oleh aktivitas lembaga penegak hukum, juga dipenuhi aktivitas mafia hukum dan peradilan jalanan. Pengadilan sebagai benteng terakhir menggapai keadilan sejak masa lampau dalam praktik di Indonesia ternyata kalah pengaruh dari “peradilan jalanan”. AksaraKata.com: Ini adalah “peradilan” yang diisi oleh mereka ... Read More »

PILPRES 2014: KONGSI ANTARA MODAL ASING, KONGLOMERAT, SAUDAGAR DENGAN POLITISI MALING

Oleh: John Mempi (Doekoen) AksaraKata.com: Kongsi adalah hubungan dagang atau jual beli. Hubungan semacam itu yang akan terjadi diantara partai politik dalam pemilu presiden (PILPRES) 2014. Partai politik menjual suara yang dibeli dari raakyat dalam Pemilu Legislatif (PILEG) kemarin dengaan harga yang sudah pasti cukup mahal. Kalau dalam PILEG kemarin partai partai membeli suara dari rakyat melalui money Politik, sekarang partai-partai ... Read More »

UNESCO: Dana Pendidikan Besar, Kualitas dan Mutu Masih Rendah

Oleh: Rifa Nadia Nurfuadah AksaraKata.com: Terkait rendahnya mutu pendidikan di Indonesia pemerintah harus lebih fokus lagi, pasalnya dunia pendidikan yang menjadi sorotan dunia masih memiliki banyak pekerjaan rumah dalam meningkatkan mutu pendidikan. Betapa tidak, Indonesia kembali menempati posisi kunci dalam indeks The Learning Curve yang dikeluarkan oleh firma pendidikan Pearson. Memprihatinkan, dunia pendidikan Indonesia kini menduduki di posisi ke-40, bahkan Indonesia ... Read More »

Lika-Liku Politik, Jokowi Rangkul Tokoh-Tokoh Islam

AksaraKata.com: Soegeng Sarjadi Syndicate Ari Nurcahyo pengamat politik ini menilai, bakal calon presiden PDI Perjuangan Joko Widodo (Jokowi), saat ini tengah memainkan strategi untuk mendulang suara kaum santri. Hal ini terkait kunjungan Jokowi ke sejumlah pesantren dan menemui tokoh-tokoh kunci di sejumlah daerah beberapa waktu lalu. Menurutnya, apa yang dilakukan Jokowi merupakan taktik politik cantik. Ari menyebutkan, dalam upaya “pedekate” ... Read More »

Pileg Gagal, Warga Berhak Tangkap Komisioner KPU

Oleh: M. Taufik Budiman (Direktur Eksektuf LBH Solidaritas Indonesia) AksaraKata.com: Kesalahan kita adalah sebagain besar dari kita secara sadar menggunakan istilah kecurangan pemilu. Hal tersebut menyebabkan, di dalam bawah sadar kita bersedia menerima kekurangan yang terjadi selama proses pelaksanaan pemilu. Jelas salah dengan istilah kecurangan pemilu tersebut. Karena yang sesungguhnya yang terjadi adalah sebuah kejahatan. Yang terjadi adalah perbuatan melawan hukum ... Read More »

Hukuman Mati, Pantas Bagi Pelaku Kekerasan Seks

AksaraKata.com: Wakil Sekretaris Jenderal Partai Golkar Nurul Arifin mengatakan pelaku kekerasan seksual pada anak pantas dihukum mati. Sementara Nurul Arifin juga menegaskan, bahwa hukuman mati saya pikir pantas jika dibandingkan dengan hukuman penjara 15 tahun. Nyatanya jumlah kasus kekerasan seksual terhadap anak banyak sekali. “Tentu perlu ada hukuman yang membuat pelaku jera dan kasus serupa tidak akan terjadi kembali,” katanya ... Read More »

Pemerintah Tunduk pada Korporasi Asing Freeport dan Newmont dapat Rekomendasi Izin Ekspor

Oleh: Erwin Usman Direktur Indonesia Mining and Energy Studies (IMES) AksaraKata.com: Pernyataan Direktur Jenderal Mineral dan Batubara Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral R Sukhyar pada Kamis (24/4) yang menyatakan bahwa PT Freeport Indonesia (PTFI) dan PT Newmont Nusa Tenggara (PTNNT) sudah mendapatkan surat rekomendasi izin ekspor tambang, mesti direspon serius. Sebagaimana diketahui, sejak tanggal 12 Januari 2014, melalui Peraturan Pemerintah ... Read More »

Replika Figur dalam Aksara Capres-Cawapres di RI Ini

AksaraKata.com: Saat ini peta koalisi dalam menghadapi Pemilu Presiden (Pilpres) 9 Juli nanti masih didominasi oleh tiga capres yang kemungkinan akan memimpin tiga koalisi besar, yakni blok Jokowi (PDIP), blok Prabowo (Gerindra), dan blok Aburizal Bakrie (ARB). Namun, khusus pencapresan ARB tersebut masih misterius, apakah mendapat pasangan atau tidak. Karena itu yang terpenting adalah cawapres yang akan mendampingi ketiga capres tersebut, ... Read More »

REFLEKSI PETANG – RINDU MASA INDAH

Oleh: M. Hatta Taliwang AksaraKata.com: Ini mungkin yang dimaksud oleh Firman Allah, “bahwa kekuasaan itu dipergilirkan”. Zaman Orba, kantor-kantor Kodim, Korem, Kodam, Mabes ABRI, dan lain-lain selalu ramai. Kehidupan terasa indah. Tentara tampil gagah perkasa dengan langkah tegap dan meyakinkan. Lima belas tahun sejak reformasi, suasana berubah drastis. Kodim, Korem, Kodam, Mabes sepi. Mobil yang parkir tinggal mobil tua sekelas Feroza, ... Read More »

Pemimpin Berkarakter dan Beretika untuk Indonesia Baru

Olah: Ratna Sarumpaet AksaraKata.com: Karena aku tahu Amandemen UUD45 tidak Konstitusional & tidak SAH; Dilakukan tanpa TAP MPR, Tidak Masuk Dalam Lembaran Negara, Dirancang demi kepentingan Asing, Pembuatannya dibiayai Asing (USAID, UNDP, NDI, British Embassy dan lain-lain). Tahu partai-partai Politik melalui Amandemen UUD45 menghianati Pancasila dan UUD’45, mengganti nilai-niali Pancasila dengan nilai-nilai liberal, individual dan pasar bebas, membuat bangsa kita terjajah ... Read More »

SEO Powered by Platinum SEO from Techblissonline