Home » Pendidikan

Pendidikan

Kartar Dupak ‘Sinau Bareng’ Jurnalisme Kerakyatan di Alam Bebas

Kartar Dupak ‘Sinau Bareng’ Jurnalisme Kerakyatan di Alam Bebas

aksarakata.com: Dalam membentuk dan meningkatkan sumber daya manusia (SDM) Karang Taruna warga Dupak Bangunrejo I RT 05/RW V, yang selaku ketua pelaksananya M Arif Pragus Wicaksono dengan 25 peserta diklat bekerjasama dengan media online aksarakata.com terkait dasar-dasar Jurnalisme. Acara pelatihan kepemimpinan ini sendiri mendapat dukungan dari ketua RT 05, Sofie Qoriawan, baik berupa vinansial atau matetial. Sedangkan ketua Kartar Surabaya, ... Read More »

Hardiknas, PMII: Stop Diskriminasi Pendidikan

AkaraKata.com: “Stop Diskriminasi Pendidikan” begitulah tema yang diusung puluhan aktivis Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) komisariat Universitas Sunan Giri (Unsuri) Waru, Sidoarjo, Jawa Timur untuk memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardknas). Kegiatan diadakan di Gedung C Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Unsuri dengan diikuti sekitar 37 kader dan anggota PMII Unsuri dari berbagai fakultas, Sabtu 2 Mei 2015 malam. Ketua ... Read More »

Tak Layak, Mendikbud Hentikan Kurikulum 2013

AksaraKata.com: Memutuskan untuk menghentikan pelaksanaan pelaksanaan Kurikulum 2013 oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anis Baswedan disambut positif Anggota Komisi X DPR, Reni Marlinawati. Karena kurikulum tersebut belum saatnya untuk diterapkan. “Kami menyambut positif keputusan Mendikbud menghentikan pelaksanaan Kurikulum 2013,” kata Reni, di Jakarta, Sabtu (6/12/2014). Reni beranggapan, bahwa ada maslah teknis pelaksanaan Kurikulum 2013 mengenai distribusi buku yang tidak merata, ... Read More »

Pro dan Kontra Jam Pendidikan

AksaraKata.com: Sekjen Komnas Pendidikan, Andreas Tambah, mengatakan, negara maju seperti Singapur justru mengurangi jam pelajaran. “Kita hendaknya belajar dari negara yang sudah maju. Mereka saja mengurangi beban jam pelajaran. Kita justru menambah. Apakah pendidikan kita semakin bagus? Saya rasa tidak,” tuturnya. Andreas mengimbau pemerintah melihat kemampuan peserta didik. Beban jumlah jam saat Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) sudah cukup berat, ... Read More »

Penyebaran Kurikulum 2013 Belum Merata

AksaraKata.com: Tahun ajaran baru 2014-2015 tinggal tiga hari lagi,  namun distribusi buku pegangan guru dan siswa  yang menjadi rujukan pelaksanaan kurikulum 2013 belum tuntas. Masih banyak kabupaten/kota yang hingga Jumat (11/7/2014) belum mendapat pasokan buku. Salah satunya Kabupaten Sumenep. Kabupaten yang terletak di ujung timur pulau Madura ini belum mendapat satupun paket buku kurikulum. “Kami sudah memesan ke pihak penyedia ... Read More »

Mendikbud: Kurikulum 2013 ada tiga fenomena, sosial, budaya dan seni

AksaraKata.com: Mohammad Nuh, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan mengatakan, Indonesia harus mampu menciptakan seniman dan budayawan andal sejak dini dalam upaya menahan gempuran budaya asing yang terus berdatangan. “Mari ciptakan seniman dan budayawan untuk bisa membawa seni dan budaya Indonesia ke dunia,” kata Nuh saat membuka Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) di Semarang, Jawa Tengah, Senin (2/6/2014). Hadir dalam ... Read More »

Kurikulum Buruk, Mutu Pendidikan Jeblok

AksaraKata.com: Kurikulum 2013 dinilai kurang efektif. Karenanya diduga faktor kurang efektifnya inilah menjadi salah satu penyebab rendahnya mutu pendidikan di Indonesia di mata dunia. Tampaknya hal tersebut juga disampaikan Nisrinah Amalia, salah satu siswi SMA 81 Jakarta. Amalia mengatakan, dalam program studi (prodi) IPA tidak perlu mempelajari yang bukan bidangnya seperti mata pelajaran Ekonomi. “Sebenarnya kurikulum 2013 ini sudah benar, membuat ... Read More »

Pendidikan, Bank Dunia Soroti Perberdayaan Perempuan Indonesia

AksaraKata.com Pentingnya pendidikan membuat Bank Dunia menekankan agar kaum perempuan lebih mendapatkan perhatian terkait pemberdayaan secara global, hal tersebut untuk mencegah para perempuan yang melakukan pernikahan dini atau masih belum cukup umur, hidup dalam kemiskinan hingga terjadinya kekerasan dalam rumah tangga. Menurut Jim Yong Kim, Presiden Bank Dunia, agar memperluas dan meningkatkan kemampuan perempuan dalam membuat keputusan dan mengambil kesempatan adalah ... Read More »

Hari ini Siswa-siswi Ikuti UN Secara Serentak

AksaraKata.com: Sebanyak 4.130.681 pelajar setingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP)/ Madarasah Tsanawiyah (MTS) dan Paket B di Tanah Air mengikuti Ujian Nasional (UN) yang dimulai hari ini. Jumlah 4.130.681 itu terdiri dari 3.902.948 pelajar SMP/MTS dan 227.743 peserta UN Paket B. “Semua persiapan sudah matang. Semoga hari ini tidak ada masalah dalam pelaksanaannya,” ujar Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan bidang Pendidikan, ... Read More »

Di Pamekasan ada 4 Siswa Malaysia Ikut UN

AksaraKata.com: Empat siswa asal Malaysia akan mengikuti ujian nasional tingkat SMP dan sederajat di Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur, pada pelaksanaan UN, 5–8 Mei 2014. Menurut Kepala Bidang Pendidikan Menengah Dinas Pendidikan Pamekasan Moh Tarsun, Kamis, keempat orang siswa asal Malaysia itu akan mengikuti UN di Pamekasan karena mereka merupakan siswa pindahan. “Sejak SD hingga SMP mereka itu sekolah di Malaysia, ... Read More »

30 April Tunujangan Guru Cair

AksaraKata.com Prof Dr Ir Achmad Jazidie MEng, Dirjen Pendidikan Menengah (Dikmen) Kemdikbud meminta pemerintah daerah mencairkan tunjangan guru dalam kas daerah setempat maksimal 30 April. Disampaikannya, kalau tidak, maka kami akan melaporkan pemerintah daerah ke aparat penegak hukum (polisi, jaksa, hakim, KPK), dalam dialog interaktif tentang SMA Terbuka dan Tunjangan Guru dengan pers di Surabaya, Senin. Didampingi staf khusus Mendikbud ... Read More »

Semangat Hardiknas, Disdik Pelalawan Gebyar Acara Hiburan Rakyat selama Tiga Hari

AksaraKata.com: Sambut Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas), Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Pelalawan akan menggelar sejumlah rangkaian kegiatan acara gebyar pendidikan selama tiga hari, mulai 29 April-2 Mei 2014 bertempat di lapangan Pangkalan Kerinci. Sejumlah rangkaian kegiatan acara gebyar pendidikan tersebut seperti gerak jalan sehat, pentas seni dan pameran pendidikan yang setiap tahunya selalu rutin digelar untuk memeriahkan Hardiknas yang jatuh pada 2 ... Read More »

Dimas Tewas, Berawal dari Pertikaian antara Senior dan Yunior STIP

AksaraKata.com: Kasus penganiayaan pelajar Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) hingga menewaskan satu siswa. Dalam hal ini Kementerian Perhubungan mengakui adanya kekerasan tersebut. Namun peristiwa itu disebut terjadi di luar kampus. “Itu terjadi di luar kampus, berjarak sekitar 5 atau 7 Km dari kampus,” kata Kepala Pusat Komunikasi Publik Kemenhub, JA Barata Sabtu (26/4/2014). Dari informasi yang diterima Barata, Jumat (25/4) malam ... Read More »

SEO Powered by Platinum SEO from Techblissonline