KM CUP IX ‘Silaturahmi Akbar’ 2015

Bagikan

aksarakata.com: Komunitas burung terbesar yang tergabung dalam kicau mania (KM) akan mengadakan hajatan besar tahunannya, yakni Kicaumania Cup IX 2015 di Taman Wiladatika, Cibubur, Jakarta, Minggu 27 Desember 2015. Event nasional penutup tahun 2015 ini mengambil tema “Silaturahmi Akbar Kicau Mania” dengan visi misi kaderisasi, regenerasi dan reorganisasi.

“Kali ini sengaja mengambil tema silaturahmi akbar alasannya ingin memperkuat kembali organisasi KM dan menyatukan kembali para senior atau banisepuh yang menjadi panutan kami generasi baru yang sudah mulai tercerai berai. Selain itu tentu saja untuk mendorong kicaumania khususnya member KM se-Indonesia menjadi guyup rukun,” ujar Ketua Panitia Kicaumania Cup IX, Andy Han.

Andy Han mengatakan, di akhir kepengurusan KM periode 2013-2015 ini merupakan momen yang tepat untuk memperkuat organisasi dengan memberikan kaderisasi generasi baru agar tidak terlalu terobsesi dengan acara lomba burung berkicau saja, melainkan menggencarkan kembali program-program lainnya seperti konservasi atau program Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) untuk kicaumania.

“Seperti yang dicita-citakan para founder KM dulu, bahwa organisasi ini jangan dijadikan hanya soal burung melulu. Sebisa mungkin organisasi ini turut bermanfaat bagi masyarakat umumnya dan kicaumania khususnya. Dan tentu saja harus terus menjadi organisasi yang mampu turut mengontrol kelestarian alam mengingat lomba burung berkicau semakin pesat,” jelas Andy Han.

Kicaumania Cup IX sengaja digelar di Taman Wiladatika, Cibubur karena tempat rekreasi ini sudah sangat familiar bagi kicaumania dan sudah menjadi barometer lomba burung berkicau tingkat nasional. Selain tempatnya strategis dan parkir luas, juga terdapat penginapan-penginapan yang bisa digunakan peserta lomba yang datang dari luar kota.

“Kita sudah persiapkan untuk hal ini di seputar lokasi lomba, silakan hubungi Om Bayu Pangeran untuk urusan hotel dan tempat penginapan dengan nomor HP 082114301570, Kalau untuk pemesanan tiket lomba bisa SMS ke Mbak Dian Fitri di nomor 085778069290,” ujar Andy Han.

Ketua Pelaksana Kicaumania Cup IX, Giri Prakosa menambahkan, dengan diadakan di tempat rekreasi ini, diharapkan kicaumania tidak segan lagi untuk membawa serta keluarganya ke arena lomba KM. Karena di saat kicaumania sibuk dengan momongannya, keluarga bisa berjalan-jalan di area rekreasi yang terdapat fasilitas yang sangat cocok untuk berlibur keluarga.

“Event lomba rata-rata diadakan di hari Sabtu dan Minggu yang seharusnya menjadi momen liburan keluarga. Akan terkesan egois bila kicaumania sibuk berlomba sehingga mengabaikan hak keluarganya untuk bersama-sama di hari libur,” ujar Giri.

Dengan adanya Kicaumania Cup IX yang diadakan di tempat wisata, maka diharapkan event lomba burung benar-benar menjadi destinasi wisata hiburan bagi masyarakat luas. “Kicaumania asik nggantang, keluarga asik rekreasi,” kelakarnya.

Giri menjelaskan, dalam Kicaumania Cup IX ini akan dibuka 28 kelas dan 2 kelas Best of The Best. Tiket termahal kelas Murai Batu dan Lovebird dengan harga tiket Rp 350 ribu dengan hadiah Rp 7,5 juta dengan bonus juara I Rp 1,5 juta. Sementara tiket termurah dibanderol Rp 50 ribu dengan bonus juara I Rp 200 ribu.

Tidak muluk-muluk, panitia hanya menargetkan acara ini diikuti 1.000 peserta saja. Namun sangat diharapkan kicaumania yang hadir ribuan sesuai dengan tujuan utama yakni silaturahmi akbar. Seperti event-event KM sebelumnya yang selalu dihadiri tak kurang dari 3.000 pengunjung.

“Tidak seperti event-event lomba nasional dewasa ini, kita sengaja membuka tiket termahal Rp 350 ribu agar seluruh lapisan akar rumput kicaumania bisa mengikutinya. Dan tujuan utama kami yang pertama memperkuat organisasi, kedua mempererat silaturahmi. Sementara ramainya peserta mungkin menjadi tujuan yang kesepuluh, dan ini sudah kami sepakati,” paparnya. */bambang

Tinggalkan Balasan

SEO Powered by Platinum SEO from Techblissonline